High Light

Jangan Percaya Dengan Berita Pangandaran Hoax

Berita pangandaran hoax banyak tersebar di media. Berita yang berlebihan itu membuat para wisatawan takut untuk berkunjung ke daerah pangandaran. Padahal lokasi gambar yang viral di internet yag menghebohkan buka berasal dari kejadian yang ada di pangadaran. Karena itu, sebaiknya anda cek terlebih dahulu ya apabila menemukan berita tentang pangandaran. Menurut Nana Ruhnea, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggungan Bencana kabupaten pangandaran, bayak berita hoax tentang bencana Pangandaran dan semakin banyak saja setelah satu hari sejak bencana itu terjadi. Bayak gambar seta berita di media online yang tidak dapat dipertanggungjawabka karena tidak sesuai denga fakta di pangadaran. Selanjutnya Nana menghimabu agar masyarakat lebih teliti, lebih check and recheck tentang kebenaran yang terjadi di Pangadaran.

Faktanya, kini Paandaran sudah mulai membaik. Kondisi air bajir pun telah semakin menurun. Para pengungsi sudah mulai bisa pulang ke rumah masing-masing. Tempat-tempat yang rusak karena tanah longsor juga sudah mulai dibenahi. Material yang beberapa waktu lallu menutupi jalan raya pun sudah dibersihkan oleh warga secara gotong-royong. Dalam menghadapi bencana tersebut, pemerintah dibatu oleh TNI, Polri, warga dan relawan bersama-sama memantau kondisi serta tanah longsor. Adanya kesiagaan apa bila terjadi bencana susulan. Menurut Joshua Banjarnahor Jubir Basarnas mengataka, luapan bajirtelah semakin menurun. Begitu pula dengna dua titik terjadinya tanah longsor, sudah diadakan pembersihan dan telah bisa dikendalikan.


Untuk banjir ini, terjadi karena hujan yang turun sejak jumat petag dan baru berakhir sampai sabtu pagi. Kondisi tersebut menjadika sungai Citanduy meluap. Hal ini menjadikan 15 titik wilayah di Pangandaran mengalami banjir denga ketinggia beragam. Ketinggian airmulai dari 50 centimeter hingga 2 meter. Namun, saat ini sudah mulai surut dan para pengungsi sudah mulai kembali ke rumahnya. Itu informasi dari harapan rakyat tentang berita tentang pagandaran yang seenarnya. Kalau ada mendapatkan berita pagandaran hoax yang mengabarkan foto-foto tentang banjir d Pangadara yang mengerikan, jangan percaya ya. Pangandaran saat ini sudah cukup aman.