Distribution

Apa Fungsi Pelancar Asi Fenugreek?

Apa fungsi pelancar asi fenugreek untuk ibu menyusui? Fenugreek merupakan suplemen untuk meningkatkan produksi asi yang umumnya terbuat dari bahan yang alami dan aman untuk dikonsumsi. Fenugreek mengandung diosgenin yaitu esterogen nabati yang terbukti dapat meningkatkan aliran asi pada ibu menyusui. Fenugreek atau dalam bahasa latinnya adalah trigonella foenum-graecum yang merupakan salah satu tanaman herbal yang berasal dari daerah di mediterania. Tumbuhan ini digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia sebagai bumbu masakan dan sudah digunakan oleh para perempuan di mancanegara selama berabad-abad sebagai produk alami agar aliran asi menjadi lancar.


Pelancar asi fenugreek tidak hanya memiliki fungsi untuk pelancar asi, fenugreek adalah tumbuhan yang umumnya digunakan oleh perempuan di luar negeri sebagai bumbu masakan, di indonesia saat ini juga telah mengenal tumbuhan ini sebagai salah satu rempah-rempah penyedap makanan ataupun minuman. Mengkonsumsi tumbuhan ini secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping berupa keluarnya keringat secara berlebihan dan tidak normal lalu air seni biasanya berbau wangi seperti sirup daun maple, hendaknya mengkonsumsi tumbuhan ini tidak boleh diluar batas. Karena kita tidak tahu kadar yang boleh dikonsumsi pada tumbuhan ini. Dan yang tidak boleh dilanggar adalah wanita hamil tidak boleh mengkonsumsi tumbuhan ini.

Bagi orang yang memiliki alergi terhadap kacang-kacangan harusnya tidak mengkonsumsi tumbuhan ini, karena reaksi alergi kacang dan tumbuhan ini sama saja. Untuk manfaat lain pelancar asi fenugreek adalah dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah. Wanita yang memiliki riwayat penyakit diabetes dianjurkan untuk mengkonsumsi tumbuhan ini secara teratur untuk menurunkan tekanan gula darah. Untuk wanita hamil atau menyusui yang memiliki riwayat penyakit asma, harus melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika ingin mengkonsumsi tumbuhan fenugreek, dosis atau kadar yang boleh dikonsumsi juga harus sesuai dengan aturan dari dokter karena hasil penelitian membuktikan bahwa konsumsi tumbuhan ini secara berlebihan menyebabkan diare ringan, jadi anda tidak perlu khawatir meskipun mengalami diare meskipun ringan.